kesehatan mental

Mengatasi COVID-19 saat Anda memiliki kondisi kesehatan mental

COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 11 Maret 2020.

Coronavirus baru adalah penyakit saluran pernapasan menular yang ditularkan dari orang ke orang seperti flu biasa, tetapi dengan tingkat kematian yang relatif rendah dibandingkan dengan SARS, MERS dan H1N1.

Tidak banyak yang diketahui tentang COVID-19 pada saat ini, yang dapat menyebabkan ketakutan dan kesusahan terutama bagi kita yang memiliki kondisi terkait kecemasan.

Di tengah kepanikan membeli (alias penimbunan kertas toilet) dan seringnya mencuci tangan, kami pikir inilah saat yang tepat untuk menekan tombol jeda dan mengingatkan diri sendiri bahwa ketahanan dan harapan (bahkan humor!) Bisa sama menularnya.

Kita bisa mengatasi kekacauan. Berikut tujuh saran praktis untuk memberdayakan diri kita sendiri:

  1. Tuliskan apa yang Anda bisa dan tidak bisa kendalikan. Ketakutan dan kecemasan adalah respons alami terhadap hal yang tidak diketahui. Catat pemikiran Anda dan lihat apa saja yang dapat Anda ubah dan apa yang tidak. Misalnya, kita tidak dapat menghadapi setiap orang yang tidak menutup mulut saat batuk atau bersin, tetapi kita dapat menjauh dari mereka dan menjaga jarak yang aman.
  1. Jangan melewatkan janji medis Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah janji Anda dapat diatur ulang; apakah mungkin untuk bertemu lebih jarang, atau jika ada cara lain untuk mengadakan sesi Anda tanpa bertemu secara fisik. Cara lain untuk meminimalkan paparan setiap kali Anda mengunjungi rumah sakit atau klinik adalah dengan menyesuaikan janji medis Anda pada satu hari jika memungkinkan, atau lebih jarang melakukannya sesuai dengan saran dokter Anda.
  2. Tanyakan apakah obat Anda dapat diberikan alih-alih dikumpulkan secara langsung. Rumah sakit dan poliklinik di bawah Singhealth menawarkan opsi ini. Beberapa rumah sakit seperti rumah sakit Khoo Teck Puat memiliki Medibox yang berfungsi seperti loker pengiriman parsel yang memungkinkan Anda untuk mengambil obat Anda isi ulang pada waktu Anda sendiri, jadi Anda tidak perlu menunggu di apotek rumah sakit dengan keramaian. kesehatan mental
  3. Batasi ekspos Anda ke media dan ya, itu termasuk membungkam grup obrolan keluarga yang menyebarkan maksud baik tetapi juga berita palsu yang menyebarkan rasa takut. Dapatkan informasi Anda dari sumber tepercaya, perbarui satu atau dua kali sehari, lalu isi sisa hari Anda dengan aktivitas bermakna lainnya.
  4. Ada banyak dari kita yang merasa perlu sering mencuci tangan yang dapat memicu dorongan kecemasan dan perilaku obsesif. Jika memungkinkan, kita dapat menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mempraktikkan perawatan diri pribadi dengan cara yang penuh perhatian dan welas asih. Mandi air hangat setiap akhir hari sebelum tidur. Hadir di saat ini dan pijat dengan lembut jari-jari Anda, persendian saat Anda mencuci tangan. Menjaga kebersihan dan higienis tidak harus menjadi pekerjaan rumah. Cara lain untuk merawat diri sendiri termasuk melakukan diet seimbang, sedikit olahraga, dan tidur yang cukup. Berpartisipasilah dalam aktivitas santai seperti bernapas dalam-dalam atau hobi seperti berkebun untuk meningkatkan kekebalan kita.
  1. Social distancing tidak berarti isolasi sosial. Jangkau dan periksa secara teratur dengan orang-orang yang Anda sayangi. Lakukan panggilan telepon itu, atau bahkan panggilan video menggunakan Facetime dan Skype. Atau kirim teks atau whatsapp. Jadilah bagian dari kelompok komunitas media sosial. Ada juga grup yang menyaring acara streaming langsung di Youtube dan platform media sosial. Komunitas game, Reddit juga merupakan cara sosial lain untuk terhubung dengan orang lain. Jadi meskipun kita semua menjaga jarak sosial fisik, kita masih dapat terhubung satu sama lain secara online di ruang virtual.
  2. Ada bantuan online seperti hotline konseling, obrolan, email. Kami memiliki direktori lengkap di sini. Ingat, Anda tidak harus melakukan ini sendirian. Bantuan tersedia. kesehatan mental

Sebagai orang dengan kondisi kesehatan mental, kita terbiasa dengan pertempuran dalam pikiran kita. Tidak ada solusi yang mudah, tetapi kami jauh lebih kuat dari yang kami sadari. Kita telah mengatasi begitu banyak hal dalam hidup kita, dan demikian pula, kita juga akan melewati ini, hari demi hari. Melakukan root untuk kita semua!

Related Posts

One thought on “Mengatasi COVID-19 saat Anda memiliki kondisi kesehatan mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *